CONTOH :
LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR
KEGIATAN BELAJAR 1
Sekolah dan Rekan Sejawat Guru Sebagai Sumber KERJA SAMA
Membangun kerja sama dan
saling pengertian yang kokoh baik di dalam sekolah itu sendiri maupun dengan
sekolah lain. Tujuan pembelajaran yang dirumuskan di muka adalahsuatu cita-cita
keberhasilan yang harus dicapai melalui kerja sama sekolah.
Kerja sama tersebut diarahkan kepada:
1.
Kerja sama antara guru sekolah
yang terpusat pada pembagian tugas mengajar dan kerja administrasi.
2.
Kerja sama sekolah diarahkan
untuk membangun Pusat Sumber Belajar (PSB).
3.
Kerja sama dengan orang tua dan
masyarakat diarahkan untuk menciptakan iklim di mana sekolah adalah milik
bersama.
4.
Kerja sama dengan
penilik,kepala Cabang Dinas (KCD) pendidikan,dan komite sekolah setempat
sebagai Pembina.
B.
MEMBAGI IKLIM KERJA SAMA
Beberapa hal
dapat digunakan untuk membangun kerja sama dengan pihak lain yang terkait.
1.
Mengumpulkan Data Statistik dan
Sumber Informasi
2.
Melakukan Negosiasi
(Perundingan)
3.
Memberikan Peranan Nyata
4.
Melaporkan Keadaam Sekolah
5.
Memberikan Tenaga Penghargaan
D.MENGEMBANGKAN PUSAT SUMBER BELAJAR (PSB)
PSB yang dimaksud dalam modul ini adalah suatu tempat melakukan berbagai
kegiatan belajar murid-murid .PSB merupakan tempat kegiatan belajar maka PSB
harus dilengkapi berbagai perlengkapan dan sumber belajar.
1.alat perlengkapan
2.sumber belajar
3.media elektronik
Penempatan ini dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti berikut:
1.menurut jenisnya
2.menurut mata pelajaran
KEGIATAN BELAJAR 3
Lingkungan sebagai sumber belajar
Prinsip mandiri dalam
mengajar ini harus dipegang teguh karena akan sangat bermanfaat bagi anda dalam
mengajar sehari-hari.
A.MEMANFAATKAN PUSAT SUMBER BELAJAR
PSB adalah suatu cara yang baik untuk memantafkan dan memperkaya belajar
murid –murid.LKM merupakan alat yang paling efektif untuk memaksimalkan
penggunaan PSB
B.LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR
Lingkungan alam dan lingkungan sosial budaya ini merupakan laboratorium
raksasa yang dapat dimanfaatkan seluas-luasnya untuk kepentingan pendidikan
termasuk pendidikan di SD.
Manfaat yang diperoleh dalam menggunakan lingkungan sebagai sumber
adalah:
1.murid-murid dapat melihat secara langsung benda-benda yang berkaitan
dengan mata
Pelajaran disekolahnya.
2.murid dapat membuktikan dan menerapkan teori atau konsep yang pernah
didapat disekolah
Kedalam kehidupan sehari-hari.
3.menanamkan sikap untuk menyayangi lingkungan sekitar.
No comments:
Post a Comment