Labels

Translate

CONTOH RESUME PENDIDIKAN ANAK DI SEKOLAH DASAR TUGAS MODUL 9¬-10

KONVENSI HAK ANAK PENDIDIKAN
KEGIATAN BELAJAR 1
Jenis-Jenis Hak Anak

Pemahaman tentang isi KHA dapat dilakukan dengan mengelompokan KHA berdasarkan kriteria:
1.        Berdasarkan strukturnya, KHA dikelompokan dalam:
1)        Preambule atau Mukadimah,
2)        Bagian 1, yaitu pasal 1-41 yang mengatur bagi semua anak,
3)        Bagian 2, yang mencakup pasal 42-45 yang mengatur tentang pemantauan dan pelaksanaan KHA, dan
4)        Bagian 3, yang terdiri dari pasal 46-46 mengatur masalah pemberlakuan konvensi.
2.        Berdasarkan isinya, KHA dapat dikelompokan berdasarkan hal-hal berikut:
a.         Kategori yang berdasarkan konvensi induk HAM, KHA mengandung:
1)        Hak-hak sipil dan politik,
2)        Hak-hak ekonomi, sosial dan budaya.
b.         Kategori yang berdasarkan pihak yang harus melaksanakn KHA dan yang bertanggung jawab untuk memenuhi hak anak maka 3 kata kunci dapat dijadikan pegangan untuk memahami KHA, yaitu:
1)        Penuhi
2)        Lindungi
3)        Hargai
c.         Berdasarkan cakupan yang terkandung dalam KHA maka KHA berisi:
1)        Hak atas kelangsungan hidup,
2)        Hak untuk berkembang,
3)        Hak untuk perlindungan, dan
4)        Hak untuk berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat.
d.        Berdasarkan perumusan komite hak anak PBB, KHA terbagi menjadi:
1)        Langkah-langkah implementasi umum,
2)        Definisi anak,
3)        Prinsip-prinsip umum,
4)        Hak sipil dan kemerdekaan,
5)        Lingkungan keluarga dan pengasuhan alternative,
6)        Kesehatan dan kesehjateraan dasar,
7)        Pendidikan, waktu luang, dan kegiatan budaya, dan
8)        Langlah-langkah perlindungan khusus.

KEGIATAN BELAJAR 2
Konvensi Hak Anak Dan Pendidikan


Pendidikan sebagai hak sosial dan budaya oleh konvensi hak anak ditambah dengan dimensi moral dan etis, yaiyu menguatkan hak-hak anak untuk memperoleh pendidikan pada diskriminasi, yang sepenuhnya menghargai identitas budaya serta kebutuhan budaya anak.
Ada 3 pasal dalam KHA yang membahas ketentuan mengenai masalah pendidikan, Waktu luang dan kegiatan budaya bagi anak, yaitu pasal 28, 29 dan 31.
Pada intinya, pendidikan dasar melupakan hak semua anak, dan wajib disediakan oleh Negara serta tersedia cuma-cuma untuk semua anak. Pendidikan menengah dalam berbagi bentuk serta pendidikan tinggi juga harus diusahakan agar dapat diperoleh oleh anak, dengan bantuan finansial dari Negara apabila diperlukan.
Tujuan pendidikan adalah untuk mengembangkan kepribadian, bakat dan kemampuan anak seoptimal mungkin, mengembangkan rasa hormat terhadap hak hak asasi manusia, mempersiapkan anak untuk hidup yang bertangung jawab dalam masyarakat yang bebas serta pluralistis, dan menghormati orang tua, identitas budaya, bahasa serta nilai-nilai meraka, serta lingkungan alam.
Anak mempunyai hak untuk beristirahat dan bersantai, bermain dan turut serta dalam kegiatan rekrasai serta kehidupan budaya dan seni.

  

IMPLIKASI HAK ANAK DI SEKOLAH DASAR
KEGIATAN BELAJAR 1
Implikasi Pelaksanaan Hak Anak Pada Pembelajaran Sd

A.      PENGERTIAN KURIKULER, KOKURIKULER DAN EKSTRAKULIKULER
kurikuler merupakan kegiatan kegiatan yang berkaitan dengan kurikulum. Kegiatan kurikuler banyak berkaitan dengan kegiatan pembelajaran di sekolah maupun di kelas.
Kokurikuler merupakan rangkaian kegiatan kesiswaan yang berada dalam sekolah.
Ekstrakulikuler adalah kegiatan yang diselenggarakan diluar jam pelajaran yang tercantum dalam susunan program sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sekolah.

B.       TUJUAN DILAKUKAN KEGIATAN KOKURIKULER DAN EKSTRAKULIKULER

Kegiatan kokurikuler dilakukan untuk lebih menjelaskan mengenai suatu pokok bahasan kepada anak.
Kegiatan ekstrakulikuler diselenggarakan agar anak dapat mengaitkan antara pengetahuan yang diperoleh dalam program kulikuler dengan keadaan dan kebutuhan lingkungan.

C.      PELAKSANAAN HAK ANAK DALAM DALAM KURIKULER-KOKURIKULER-EKSTRAKULIKULER
Pelaksanaan hak anak dalam kegiatan kurikuler, kokulikuler, maupun ekstrakulikuler banyak diuraikan dalam tujuan pendidikan nasional. Kesempatan bagi anak berkebutuhan khusus kaum terpinggirkan juga menjadi perhatian pemerintah. Pendidikan nonformalpun merupakan salah satu alternative yang menjadi perhatian pemerintah untuk dikembangkan bagi kaum yang terpinggirkan.

KEGIATAN BELAJAR 2
Contoh-Contoh Pelanggaran Hak Anak Di Sekolah Dasar

Di Indonesia pelanggaran hak anak banyak di beritakan media seperti memperkerjakan anak di sedktor formal maupun informal, eksploitasi hak anak.

PERLINDUNGAN ANAK DALAM PENDIDIKAN
Sebagaimana yang diungkapkan oleh Herlina dkk (2003) penyelenggaraan perlindungan anak dalam pendidikan perlu diberlakukan dengan cara:
1.        Semua anak wajib belajar 9 tahun:
2.        Anak yang menyandang cacat fisik dan/atau mental diberikan kesempatan yang sama dan aksibilitasi untuk memperoleh pendidikan biasa dan pendidikan luar biasa:
3.        Anak yang memiliki keunggulan diberi kesempatan dan akses untuk memperoleh pendidikan khusus:
4.        Anak dalam lingkungan sekolah atau lembaga pendidikan sekolah, wajib dilindungi dari tindakan kekerasan yang dilakukan guru, pengelola sekolah atau teman-temannya.

bersambung ini hanya sekedar contoh.

No comments:

About Us | Privacy Policy | Contact
| Syarat dan ketentuan Layanan |CTT1001NEWS DARI TAHUN 2016-2024 UNTUK PENDIDIKAN LEBIH BAIK